Senin, 25 Oktober 2010

Cara cepat mengisi program Aplikasi Biodata Peserta Ujian Nasional


Program Aplikasi Biodata Peserta Ujian Nasional merupakan program aplikasi yg berbasis sistem operasi DOS. dimana pengisian datanya menurut tutor pada saat pertemuan di SMP Negeri 2 Cilegon pengisiannya harus di entri pada program biodata yang telah di berikan oleh Dinas setempat. permasalahannya adalah apakah bisa data yang telah ada di copy langsung pada program tersebut?, jawabannya sangat bisa.

data siswa umumnya telah di ketik pada program Microsoft Excel, oleh sebab itu saya memanfaatkan data yang sudah ada untuk di masukkan pada program Aplikasi Biodata Peserta Ujian Nasional.
pada saat saya menerima program Aplikasi Biodata Peserta Ujian Nasional, langsung terpikir pada data yg ada untuk dimanfaatkan untuk di copy ke program tersebut.berikut ini adalah file-file dari program Aplikasi Biodata Peserta Ujian Nasional :sebagai contoh yg saya terima adalah :file berbentuk folder BIO-SMP.CILEGON didalam folder ini terdapat beberapa folder lagi, yang perlu di cari adalah folder yang tertuliskan kode propinsi dan rayon. sebagai contoh folder 30-06 di dalam folder ini terdapat folder BIODATA dan didalamnya terdapat file BIO06020.dbf file ini yg akan menampuk data-data peserta ujian nasional pada masing-masing sekolah. sebagai catatan file BIO06020.dbf adalah merupakan terjemahan dari kode rayon dan kode sekolah, file ini akan menyesuaikan sesuai kode rayon dan sekolah masing-masing. file ini muncul setelah program dijalankan. namaun filenya masih kosong.selanjutnya bukalah filenya menggunakan program microsoft excel, kemudian saveas pilih ekstensi xls. jangan dbf, setelah itu copylah data-data peserta yang telah ada sebelumnya sesuai dengan judul kolomnya, misalnya No Induk, Nama Peserta, Tempat lahir, tgl lahir, nama orang tua, alamat. untuk tgl lahir bila yg terlanjur mengetik dengan tipe data date gantilah dengan tipe text. contohnya 060793 berarti tgl 06 bulan 07 tahun 1993. setelah proses pengcopyan selesai simpan datanya.Mengawinkan Microsoft Excel dan Microsoft Acces supaya data copiannya di terima di program Biodata Peserta Ujian Nasional. jalankan program microsoft Acces, kemudian impor file dbfnya, kemunian impor file data excelnya hasila copian. pada proses impor file excelnya pilih get external data, pilih file dbfnya. setelah peoses impor data selesai, langkah terkhir, ekspor data hasil perkawinan dengan ekstensi DBF. jangan lupa nama file hasil ekspor harus sesuai dengan nama file yg ada pada program biodata.langkah di atas sedikit rumit, namaun untuk sekolah yg siswanya hanya 50 siswa bisa langsung mengkonversi file excel menjadi dbf menggunakan program konversi yg bisa di Dowload dari internet http://www.whitetown.com sayangnya program ini untuk yang free hanya bida mengkonversi 50 record, jadi untuk sekolah yang mempunyai siswa peserta UN lebih dari 50, untuk menggunakan aplikasi ini harus bayar. tentunya keberatan dong… sama seperti saya, akhiranya dengan berbagai cara saya mencoba memecahkan atau mencari jalan keluar, dan alhadulillah saya berhasil menemukan cara yang 100% gratis, dengan cara mengotak-atik filenya. dan saya temukan caranya yaitu dengan cara mengawinkan data Excel dengan Acces. untuk progra dbase sendiri saya belum mencoba krn program DOS susah nyarinya. makanya saya menggunakan Excel dan Acces sebagai jembatan.penemuan ini 2 hari memakan waktu, Alhadulillah staf TU di sekolah saya gak perlu capek-capek ngentri data, bayangkan jumlah siswanya untuk kls 9 adalah 313 lumayan kan kalo di entri. makan waktu biaya dan capek deeeh.saya berharap mudah-mudahan tulisan ini bisa membantu dan bermanfaat.

bagi teman yang belum jelas boleh kirim pertanyaan ke : 
guru_tik_smp_madinatul_hadid_clg@yahoo.co.idali_mochtar_cilegon@yahoo.co.id
Tlp sekolah : 0254-394491/392551 Tlp Rmh/HP : 0254-375610 / 08179851011
Selamat Mencoba…


1 komentar:

  1. Assalamuaialaikum,
    Saya mohon bantuannya, bagaimana cara import data dari excel ke program bios UN 2010, saya masih kurang mengerti,.
    Terima kasih Atas Bantuannya Iswadi_fr@yahoo.com

    BalasHapus