Selasa, 12 April 2011

Membuat Foto Jadul (Photoshop 7.0)

Suatu hari saya melihat foto keluarga saya. Di belakangnya tertulis tahun ketika foto tersebut dicetak, yaitu 1987. Efek yang terdapat di dalam foto tersebut sangat alami sehingga menarik perhatian saya untuk membuat efek serupa pada foto yang saya ambil beberapa bulan lalu
Hasilnya.... walaupun tidak sama dengan foto keluarga saya yang asli jadul, tapi hasilnya hampir sama....
Saya menggunakan Adobe Photosho 7.0, di bawah ini langkahnya :




  1. Buka foto yang mau diedit

 2. Ctrl+J untuk menduplikat layer background.
 3. Klik Image>Adjusment>Hue/Saturation 
 4. Aktifkan Colorize 
 
  
5. Buat layer baru Klik Layer > New > Layer
6. Warnai layer dengan Radial gradient Hitam–putih



7. Ganti layer efek menjadi SOftlight





8. Buka file yang sudah disiapkan sebagai alat bantu untuk membuat efek jadul.   


9. Drag file scratch ke file Foto yang tadi udah diedit
 

10. Atur Scratch yang sudah didrag ke foto , tempatkan di layer paling atas , Ubah efek layer menjadi Soft Light




11. Bim Salabim.....


12. Untuk menambah kesan jadul, kita buat garis putih pada sisi fotonya.
13. Buat layer baru lagi, lalu buat kotak dengan rectangle marquee tool



14. Klik Select > Inverse  , warnai Dengan warna putih



15. Tekan ctrl + D untuk menghilangkan seleksi.
16. Hasil akhirnya adalah..






Selamat Mencoba.........

0 komentar:

Posting Komentar